Jumat, 05 November 2010

Sejarah Internet


Internet adalah jaringan komputer yang yang terhubung pada suatu jaringan, dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969. ARPA atau juga disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) menunjukan mengenai harware dan software komputer berbasis UNIX. 

Proyek ARPANET merancang :

- Bentuk jaringan 
- Informasi 
- Kecanggihan

Proyek ini menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/internet Protocol). ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. ARPANET dibagi manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet

Proyek ARPANET tadinya hanya bertujuan untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( US Departemen of Defense )membuat sistem jaringan komputer yang tersebar serta dapat menghubungkan banyak komputer di berbagai tempat untuk dapat mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk dapat menghindari terjadinya informasi terpusat sehingga jika terjadi suatu perang maka dapat mudah dihancurkan.

ARPANET tadinya hanya menghubungkan empat situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah. ARPANET membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar