Jumat, 05 November 2010

Anorexia Nervosa dan Bulimia

Anorexia adalah suatu gangguan kejiwaan dimana seseorang umumnya remaja putri atau wanita muda enggan makan karena alasan yang tak masuk akal, yaitu takut kegemukan. Seorang anoretic yakin bahwa dirinya kegemukan,berat badannya tak berkurang walaupun sudah. dan berkeras menyatakan tidak apa-apa walaupun berat badannya sudah susut amat banyak. 
Bulimia adalah jenis lain dari penyakit anorexia, yaitu mereka yang berusaha menghindari kenaikan berat badan dengan memaksa diri muntah setelah makan. banyak wanita yang melakukan suatu diet ketat namun hanya beberapa yang berkembang menjadi penyakit anorexia nervosa yang bisa berakibat penyusutan berat badan yang membahayakan,gangguan hormonal bahkan maut.

Tanda-tanda anorexia :
Penyakit ini diawali dengan diet biasa, nmaun pengidap anoretik terus menerus mengurangi makanannya. Menurutnya, tangan dan kakinya masih terlalu gemuk.Selera makan serta porsi makanannya semakin sedikit, dan bahkan walaupun tubuhnya sudah seperti kerangka pengidap anoretik tetap merasa dirinya gemuk dan semakin merasa takut gemuk. Pengidap anoetic tidak mau membuka pakaiannya didepan orang lain untuk menyembunyikan penyusutan badannya. Guna menghindari paksaan keluarga untuk makan secara normal, dia menyisihkan makanan dan memmbuangnya / membuat dirinya muntah setelah makan. Para pengidap anoretic biasanya sering minum obat kurus dengan keyakinan keliru bahwa hal itu bisa menolong menurunkan berat badannya.

Cara unutk menolong :
Jika penderita anorexia merupakan teman atau sodara yang mempunyai keyakinan bahwa dirinya terlalu gemuk dan sedang menjalani diet ketat walau sebenarnya dia sudah kurus, bujuklah unutk segera memeriksakan diri ke dokter. Selama penderita tidak mau mendengarkan kita maka jangan pernah bosan unutk membujuknya sampai mau sebab kalu tidak teratasi secepatnya dapat menjadi ancaman untuk masa depan penderita anorexia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar