Minggu, 14 Oktober 2012

E-Business dan E-Comerce ?



Banyak pengertian mengenai E-Business dan E-Comerce yang ada di internet ketika kita memasukkan kata kunci mengenai “E-Business dan E-Comerce” untuk itu saya akan merangkumnya agar pembaca dapat lebih mudah memahami pengertian dari E-Business dan E-Comerce. Berikut ini penjabaran yang berhasil saya lakukan ^_^

Menurut IBM pengertian dari E-Bussiness adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.
(Christoper Stoole. 2000. E-Business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry)

Menurut Kenneth dan Jane pengertian dari E-Business merupakan penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi.
(Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)

Menurut Sid E-Business  meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen.
(Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)

Menurut Steven pengertian dari E-Business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
(Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)

Dari beberapa penjabaran diatas maka dapat disimpulkan mengenai pengertian dari E-Business merupakan suatu kegiatan pelaksanaan serta pengelolaan proses bisnis yang melibatkan antar organisasi maupun konsumen yang memanfaatkan teknologi digital berupa internet.

Pelaku E-Business :
Organisasi, Konsumen, perusahaan, supplier, pekerja, rekan bisnis, dll.

Alat/Media/Sumber Daya yang digunakan dalam E-Business :
Teknologi informasi dan komunikasi
Komputer, data yang telah terkomputerisasi
internet

Kegiatan Sasaran E-Business :
Kegiatan bisnis
Proses bisnis utama
Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
Operasi bisnis utama

Tujuan E-Business :
Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
Transformasi proses bisnis
Sharing informasi

Keuntungan E-Business :
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Memberikan nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan produktivitas dan keutungan


Apakah sih arti dari E-Commerce ??
E-Commerce atau disingkat dengan EC merupakan suatu transaksi pembelian dan penjualan suatu barang atau suatu jasa melalui sistem elektronik (internet) serta jaringan computer lainnya.
E-Commerce sendiri adalah suatu kesatuan dari E-Business, karena terdapat penggunaan internet dan jaringan komputer yang digunakan dalam melakukan suatu proses bisnis yang dapat berupa transaksi pembelian atau transaksi penjualan barang atau jasa.


Kalakota dan Whinston (1997) mendefinisikan e-commerce dari beberapa perspektif berikut :

Perspektif komunikasi
E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.

Perspektif proses bisnis
E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.

Perspektif layanan
E-Commerce merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.

Perspektif online
E-Commerce kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.


Apa saja sih yang termasuk aplikasi E-Commerce ?
Aplikasi e-commerce meliputi bidang saham, pekerjaan, pelayanan keuangan, asuransi, mall, pemasaran dan periklanan on-line, pelayanan pelanggan, lelang, travel, hardware dan Software PC, hiburan, buku dan musik, pakaian, ritel dan publikasi on-line, dll.


Tau nggak sih ??
salah satu dari pengembangan E-Commerce itu disebut apa ???
E-procurement adalah salah satu pengembangan dari e-commerce yang mulai berkembang pada akhir abad-20an dan tidak diragukan lagi akan terus berkembang dengan pesat pada permulaan abad-21 ini.

Pernah dengar istilah “The New Economy” ??
The New Economy merupakan pengembangan dari revolusi internet, diantaranya:

Business-to-business (B2B)
Adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain. Ini diperkirakan sedang berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model - model yang lain.

Business-to-Consumer (B2C)
Ini adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik.
Contoh : Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.

Consumer-to-Consumer (C2C)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
Contoh : eBay Inc (www.ebay.com), suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet.

Consumer-to-Business (C2B)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Contoh : Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.

B2B E-Commerce VS B2B Exchange ????
Keduanya memang menggunakan teknologi internet, namun mempunyai cara dan pasar yang berbeda, seperti dijelaskan di bawah ini :

B2B E-Commerce
Bentuk ini menawarkan penjualan atau pembelian dalam bentuk maya tetapi oleh satu perusahaan pada perusahaan lain saja. Jadi tidak terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut.

B2B Exchange
Sedangkan bentuk ini ialah padanan dari stock exchange misalnya, dimana transaksi terbuka untuk semua perusahaan yang mau melakukannya. Jadi B2B Exchange adalah suatu jaringan dimana banyak pembeli dan banyak penjual dapat bertemu di ruang perdagangan maya.
Mengenai cara pembayaran, sesuai dengan cara transaksinya sendiri, juga secara maya (virtual), apakah dalam bentuk L/C, money transfer, credit card, P-Cards atau instrumen lain.


Semoga Artikel yang telah dijabarkan dapat membantu dalam memahami apa itu E-Business dan E-Commerce  ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar