Banyak
pengertian mengenai E-Business dan E-Comerce yang ada di internet ketika
kita memasukkan kata kunci mengenai “E-Business
dan E-Comerce” untuk itu saya akan
merangkumnya agar pembaca dapat lebih mudah memahami pengertian dari E-Business dan E-Comerce. Berikut ini penjabaran yang berhasil saya lakukan ^_^
Menurut IBM pengertian dari
E-Bussiness adalah sebuah pendekatan yang aman,
fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan
mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan
pemanfaatan teknologi internet.
(Christoper
Stoole. 2000. E-Business – Just What
is It? http://ebusiness.about.com/industry)
Menurut Kenneth dan Jane pengertian
dari E-Business
merupakan penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi,
koordinasi, dan manajemen organisasi.
(Kenneth
C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information
Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)
Menurut Sid E-Business meliputi semua hal yang
harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk
melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen.
(Sid L. Huff,
dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
Menurut Steven pengertian dari E-Business
adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan,
pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi
komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
(Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)
Dari beberapa penjabaran diatas
maka dapat disimpulkan mengenai pengertian
dari E-Business merupakan suatu kegiatan pelaksanaan serta pengelolaan proses
bisnis yang melibatkan antar organisasi maupun konsumen yang memanfaatkan
teknologi digital berupa internet.
Pelaku
E-Business
:
Organisasi,
Konsumen, perusahaan, supplier, pekerja, rekan bisnis, dll.
Alat/Media/Sumber
Daya yang digunakan dalam E-Business
:
‐ Teknologi informasi dan komunikasi
‐ Komputer, data yang telah
terkomputerisasi
‐ internet
Kegiatan
Sasaran E-Business
:
‐ Kegiatan bisnis
‐ Proses bisnis utama
‐ Pembelian, penjualan,pelayanan,
transaksi
‐ Operasi bisnis utama
Tujuan
E-Business
:
‐ Koordinasi, Komunikasi, dan
Pengelolaan organisasi
‐ Transformasi proses bisnis
‐ Sharing informasi
Keuntungan
E-Business
:
- Pendekatan
yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Memberikan
nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan
produktivitas dan keutungan
Apakah
sih arti dari E-Commerce ??
E-Commerce
atau disingkat dengan EC merupakan suatu transaksi pembelian dan penjualan suatu
barang atau suatu jasa melalui sistem elektronik (internet) serta jaringan computer
lainnya.
E-Commerce
sendiri adalah suatu kesatuan dari E-Business,
karena terdapat penggunaan internet dan jaringan komputer yang digunakan dalam
melakukan suatu proses bisnis yang dapat berupa transaksi pembelian atau
transaksi penjualan barang atau jasa.
Kalakota
dan Whinston (1997) mendefinisikan e-commerce
dari beberapa perspektif berikut :
Perspektif komunikasi
E-Commerce
merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini
telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
Perspektif proses bisnis
E-Commerce
merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja
perusahaan.
Perspektif layanan
E-Commerce
merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen
dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan
pelayanan.
Perspektif online
E-Commerce
kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Apa saja sih yang termasuk aplikasi
E-Commerce ?
Aplikasi
e-commerce meliputi bidang saham, pekerjaan,
pelayanan keuangan, asuransi, mall, pemasaran dan periklanan on-line, pelayanan
pelanggan, lelang, travel, hardware dan Software PC, hiburan, buku dan musik, pakaian,
ritel dan publikasi on-line, dll.
Tau nggak sih ??
salah satu dari pengembangan
E-Commerce itu disebut apa ???
E-procurement
adalah salah satu pengembangan dari e-commerce
yang mulai berkembang pada akhir abad-20an dan tidak diragukan lagi akan terus
berkembang dengan pesat pada permulaan abad-21 ini.
Pernah dengar istilah “The New
Economy” ??
The New Economy merupakan
pengembangan dari revolusi internet, diantaranya:
Business-to-business (B2B)
Adalah model perusahaan yang menjual
barang atau jasa pada perusahaan lain. Ini diperkirakan sedang berkembang
dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model -
model yang lain.
Business-to-Consumer (B2C)
Ini adalah model perusahaan yang
menjual barang atau jasa pada pasar atau publik.
Contoh : Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang
mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.
Consumer-to-Consumer (C2C)
Ini adalah model perorangan yang menjual
barang atau jasa kepada perorangan juga.
Contoh : eBay Inc (www.ebay.com), suatu perusahaan yang
menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan
dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet.
Consumer-to-Business (C2B)
Ini adalah model perorangan yang
menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Contoh : Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.
Contoh : Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.
B2B E-Commerce VS B2B Exchange ????
Keduanya memang menggunakan teknologi
internet, namun mempunyai cara dan pasar yang berbeda, seperti dijelaskan di
bawah ini :
B2B E-Commerce
Bentuk ini menawarkan penjualan atau
pembelian dalam bentuk maya tetapi oleh satu perusahaan pada perusahaan lain
saja. Jadi tidak terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut.
B2B Exchange
Sedangkan bentuk ini ialah padanan
dari stock exchange misalnya, dimana transaksi terbuka untuk semua perusahaan
yang mau melakukannya. Jadi B2B Exchange adalah suatu jaringan dimana banyak
pembeli dan banyak penjual dapat bertemu di ruang perdagangan maya.
Mengenai cara pembayaran, sesuai
dengan cara transaksinya sendiri, juga secara maya (virtual), apakah dalam
bentuk L/C, money transfer, credit card, P-Cards atau instrumen lain.
Semoga Artikel yang telah dijabarkan dapat membantu dalam memahami apa itu E-Business dan E-Commerce ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar